Friday, April 4, 2014

Neofinetia falcata

Anggrek spesies yang mini ini merupakan endemik dari Asia Tenggara. Terutama berasal dari negara Jepang. Disana anggrek ini dikenal dengan sebutan Fuki-ran (Rich and Noble Orchid) dan juga di beberapa tempat disebut sebagai Fu-ran (Wind Orchid).
Nama lainnya adalah The Samurai Orchid, mungkin karena berasal dari negara Samurai dan juga bentuknya mirip dengan Samurai.



Neofinetia falcata 


Masih merupakan keluarga anggrek Vanda di lihat dari bentuk pohonnya yang bersifat monopodial.
Ada yang daunnya variegata, baik itu bergaris putih mau pun kuning. Sayangnya punyaku berdaun hijau saja.

Yang aku suka dari anggrek ini adalah bentuk bunganya yang cantik dan unik. Memiliki ekor seperti bunga dari anggrek Angraecum. Selain itu bunganya juga sangat wangi.
Di banyak situs di internet menyebutkan bahwa anggrek ini memiliki warna lain, yaitu kuning, pink, hijau. Dan juga biasa dikawin-silangkan dengan anggrek lain, misal jenis Vanda.

Ukuran bunga sekitar 3 cm, mungkin ada juga yang lebih tinggi lagi berdasarkan ukuran ekornya yang lebih panjang. Tinggi pohon biasanya hanya sekitar 6 cm, namun ada juga yang bisa mencapai 15 cm.

Anggrek ini bisa ditanam di dalam pot dengan media yang poros. Bisa juga ditanam di batang kayu dengan media moss agar kelembaban akar tetap terjaga.
Jangan terkena sinar matahari secara langsung, usahakan tetap di bawah paranet atau naungan lainnya.



No comments:

Post a Comment