Friday, February 21, 2014

Cattleya forbesii

Cattleya spesies ini merupakan salah satu jenis anggrek spesies yang rajin berbunga jika dibandingkan dengan anggrek Cattleya spesies lainnya.





Cattleya forbesii


Asal Cattleya dari negara Brazil. Hidupnya di dahan-dahan pohon dan ada juga yang tumbuh di bebatuan, karena itu disarankan untuk menanamnya dengan cara ditempel, bukan di tanam di dalam pot.
Bisa ditempelkan di batang kayu, atau pakis papan, namun juga tidak salah jika mau menanamnya di dalam pot seperti yang ku lakukan.
Repotnya menanam di pot karena akar dan pertumbuhan tunas barunya pesat, sehingga dalam waktu yang tidak lama sudah tumbuh diluar pot.

Berbeda dengan ukuran pohon dan daunnya yang tergolong kecil, bunga dari Cattleya spesies ini berukuran besar sekitar 6-11 cm.
Warna bunga bervariasi tetapi tidak signifikan. Biasanya berwarna coklat, namun ada juga yang cenderung ke arah ungu muda. Ujung bibir berwarna ungu dan bagian luar berwarna ungu muda. Bagian dalam bibir bunga berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna merah.

Media yang ku pakai hanya cacahan pakis. Di musim kemarau di atas media ku berikan moss hijau agar kelembaban akar terjaga.


No comments:

Post a Comment